Peran Tokoh Masyarakat Untuk Melestarikan Budaya


peran tokoh masyarakat dalam pelestraian budaya , wiratmo eko jati

Mata Kuliah  :  Ilmu Budaya Dasar

Dosen : Muhammad Burhan Amin

 

Topik Makalah

Peran Tokoh Masyarakat Untuk Melestarikan Budaya

Kelas  :  1-ID08

Tanggal Penyerahan Makalah : 15 January  2012

Tanggal Upload Makalah  :  16 January 2012

P E R N Y A T A A N

Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain.

 

Apabila terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.

P e n y u s u n

N P M

Nama Lengkap

Tanda Tangan

37512741

Wiratmo eko jati

 

gunadarma.ac.id

Program Sarjana Teknologi Industri

UNIVERSITAS GUNADARMA

 

KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur saya haturkan kepada Tuhan yang maha Agung yang telah memberikan kesehatan dan kekuatan kepada saya hingga, terselesaikannya tugas Ilmu budaya dasar ke-4 ini mengenai Peran Tokoh Masyarakat Untuk Melestarikan Budaya ini. Ucapan terima kasih juga kami utarakan kepada keluarga, sahabat yang telah memberikan dukungan penuh baik dari segi perbaikan materi dan juga dukungan mental guna penyelesaian tulisan ini. Tugas ini berisikan Peran Tokoh Masyarakat Untuk Melestarikan Budaya paparan mengenai tema ini diharapkan akan sangat membantu dalam pemaparan peran serta tokoh –tokoh dalam masyarakat khusunya pelestarian budaya.Ucapan terima kasih kami haturkan kepada bapak Burhan Amin selaku dosen mata kuliah Ilmu Budaya Dasar universitas Gunadarma, kepada teman-teman dan berbagai pihak yang telah turut memberikan masukan dan sarannya dalam tugas tugas sebelumnya, hingga tersusunnya tugas yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Kritik dan saran selalu terbuka untuk semua pembaca guna menjadi masukan dan buah tangan dalam penyusunan tugas – tugas makalah selanjutnya.

Jakarta, 14 January 2013

 

 

 

Daftar Isi

BAB 1 Pendahuluan

Pernyataan…………………………………………………………………………… ….i

Kata Pengantar…………………………………………………………………….…….ii

Daftar Isi…………………………………………………………………………..….…….iii

Bab 1 Pendahuluan

Latar Belakang…………………………………………………………….……………..1

Tujuan………………………………………………………………..…………………….2

Sasaran…………………………………………………………………………….………..3

Bab 2 Permasalahan

Kekuatan…………………………………………………………………………………..5

Kelemahan…………………………………………………………………….……..…..6

Peluang……………………………………………………………………………….…….6

Tantangan………………………………………………………………………………….7

Bab 3 Kesimpulan & Rekomendasi

Kesimpulan…………………………………………………………………….…………8

Rekomendasi……………………………………………………………………….……9

 

Referensi…………………………………………………………………………….…….6

 

BAB I PENDAHULUAN

  1. 1.                  Latar belakang

Dalam segi kemajemukan Indonesia merupaksan salah satu negara di dunia yang dapat dikatakan paling majemuk baik dari segi adat istiadat, etnik dan Budaya-nya. Kemajemukan inilah yang menjadikan suatu kebanggan tersendiri bagi bangsa indonesa. Keadaan geografis wilayah Indonesia atas kurang lebih 13.466 pulau ,merupakan pembentuk budaya yang amat banyak.

Banyaknya budaya yang ada di Indonesia yang indah dan menawan, tentunya dapat menarik negara lain untuk  meniru sebagian dan bahkan mengambil untuk kemudian mengklaim budaya tersebut. Bahkan yang lebih berbahaya di zaman sekarang ini iyalah lunturnya kecintaaan generasi muda akan budaya sendiri dan lebih memilih untuk secara langsung atau tidak langsung mengikuti budaya luar, Untuk mencegah hal ini terjadi perlunya dukungan dari semua pihak pemerintah dan masyarakat, dan atau bahkan dalam hal ini di fokuskan pada peranan tokoh masyarakat selaku panutan bagi masyarakan sekitar, terutama dalam pelestarian budaya – budaya yang ada di lingkungannya. Sehingga setiap budaya yang ada dan seharusnya ada di tetap lestari dan bahkan menjadi kebanggan di negeri sendiri INDONESIA TERCINTA INI.

  1. 2.                  Tujuan

 

Tujuan dalam penulisan ini adalah :

  1. Memberikan pengetahuan akan pentingnya pelestarian suatu budaya
  2. Membuka wacana/pemikiran para pembaca mengenai pentingnya peran tokoh masyarakat dalam pelastariaan budaya di dalam masyarat tersebut.
  3. Pembaca atau dalam hal ini selaku masyarakat dapat paham dan mau mendukung para tokoh – tokoh masyarakat untuk melestarikan budaya. Dan,
  4. Semakin banyak lagi masyarakat yang melestarikan budaya di lingkungannya.
  1. 3.                  Sasaran

Sasaran akan penulisan makalah ini ialah membuka suatu pemikiran akan pembacana mengenai pentingnya peranan tokoh masyarakat akan pelestarian budaya. Juga merujuk pada keadaan saat ini dimana banyaknya budaya asing yang masuk dan akhirnya secara perlahan menggeser budaya asli kita, bahkan menjadi raja di dalam masyarakat, penulis berharap para pembaca akhirnya mengerti dan sadar betul akan pentingnya pelestarian sebuah budaya dan dalam hal ini dapat dengan ikhlas mendukung dan mau berkerja sama bersama para tokoh masyarakat untuk PELESTARIAN AKAN BUDAYA.

BAB II PERMASALAHAN

Tokoh masyarakat   yang memiliki pengaruh dan dihormati oleh masyarakat karena kekayaan pengetahuan ataupun keberhasilanaya dalam menjalani kehidupan. Ia menjadi contoh bagi banyak orang karena pola pikir yang dibangun melalui pengetahuan dan kebijaksanaan yang dimilikianya sehigga di pandang sebagai seorang yang pandai juga bijaksana juga merupakan panutan bagi banyak orang/masyarakat.

Dalam kepandaian dan kebijaksannaannya ynag dimilikinya (tokoh masyarakat), seorang tokoh masyarakat memiliki peranan yang amat sangat penting dalam pelestarian budaya. Sebagai orang yang dianggap memiliki kebijaksaanaan dan inteklektual yang tinggi , seorang tokoh masyarakat menjadi seorang yang selallu ditunggu perannya dalam pemecahan sebuah masalah yang terjadi di dalam masyarakat. Contohnya masalah akan lunturnya nilai –nilai budaya di masyarakat sekarang ini.

Dalam zaman yang modern ini kecintaan akan budaya & atau prilaku budaya dalam suatau masyarakat sudah mulai luntur dan hilang seiring akan bergantinya masa ke masa muda ke tua dan seterusnya, dimana kaum muda saat ini lebih memilih untuk mengikuti akan budaya asing yang banyak masuk melalui media massa baik elecktronik maupun cetak. Sebut saja salah beberapa budaya yang mulai membanjiri jiwa para masyarakat belangan ini seperti Korea, jepang dan bahkan budaya barat (merujuk pada Amerika dan Eropa) , disinilah peranan Tokoh masyarak sangat dibutuhkan guna pelestarian akan nilai –nilai budaya sendiri terutama dalam lingkup masyarat.

Budayawan Prof Eko Budihardjo menyatakan, masyarakat Jawa ini memiliki karakter berbeda dari orang mancanegara yang bertindak dengan mengedepankan rasio, pikiran, nalar, atau otak. Dulu, orang Jawa bisa membudayakan kearifan lokal. Mereka bisa sebegitu hormat kepada orang tua, namun kini tata nilai tersebut sudah mulai ditinggalkan.[1]

Sebut saja sejumlah nilai-nilai budaya seperti kesopanan, rendah hati terhadap sesama, hormat kepada yang lebih tua, dan menyayangi kepada yang lebih kecil. Yang mulai luntur dan hilang tergantikan akan nilai budaya luar yang cuek,mementingkan diri sendiri, menganggap dirinya lebih tinggi dari yang lain dan bahkan tidak hormat kepada orang yang lebih tua.  Juga mulai lunturnya keinginan akan budaya seni seperti wayang kulit (jawa tengah), angklung(jawa barat), dan tarian tarain daerah. Dimana tergantikan oleh budaya luar.

Peranan seorang tokoh dalam masyarakat amatlah sangat penting. Dimana masyarakat mulai tak mengenal lagi akan nilai budaya aslinya , tokoh masyarakatlah yang menjadi motor penggerak dalam hal ini dalam melestarikan budaya yang ada di lingkup masyarakat itu sendiri baik dari segi prilaku dan bahkan perbuatannya atau tindakan. Dalam pelestarian sebuah budaya biasanya seorang atau lebih tokoh ini akan melakukan beberapa cara, baik acara pertunjukan, pagelaran ataupun pengumpulan masayrakat juga bahkan acara pameran guna mempengaruhi dan membentuk masyarakan agar mencintai budaya-nya. Bahkan seringkali di jaman yang modern ini para tokoh masyarakat ini menggunakan media elektonik dalam mengkampanyekan usahanya guna pelestarian sebuah budaya. Dari sana para tokoh ini berharap kecintaan masyarakat akan budaya  mengeliat atau bahkan langsung merangkak dan masyarakat mau untuk berperan serta ikut dalam melestarikan budaya bersama para tokoh masyarakat tersebut.

Seorang tokoh masyarakat haruslah menggunakan pengaruhnya dalam mengajak dan mempengaruhi setiap masyarakat di lingkupnya guna mau dan ingin dan ikhlas untuk melestarikan budaya (tatak rama, seni, kejujuran, sopan santun, dll), terutama ialah generasi muda yang merupakan tulang punggung dalam masyarakat tersebut mereka inilah yang seharusnya menjadi sasaran dalam pelestarian sebuah nilai –nilai budaya di dalam masyarakat/masyarakat adat tersebut.

Dalam pembahasan makalah mengenai “Peran Tokoh Masyarakat Untuk Melestarikan Budaya” maka saya menggunakan analisis SWOT dalam pembahsanaya.

APA ITU analisis SWOT ?

Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengthsweaknessesopportunities, dan threats). Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut.[2]

2.1. Kekuatam (Strange)

2.1.1. Tokoh masyarakat memiliki pengaruh yang besar di dalam masyarakat

2.1.2. Akses perkembangan teknologi yang pesat (cetak & elektronik) membantu tokoh masyarat dalam upaya pelestarian akan sebuah budaya.

2.1.3. Tokoh masyarakat merupakan orang yang menjadi panutan dalam masyarakat

2.1.4. banyaknya tokoh –tokoh masyarakat
Masyarakat di negara berkembang dapat mengakses dan menikmati produk, layanan, dan informasi yang mungkin sulit mereka temukan di daerahnya.

2.2. Kelemahan (Weekness)

2.2.1. Selalu dibutuhkan peran serta tokoh masyarakat

2.2.2. banyaknya budaya luar yang masuk dengan mudah di kalangan muda

2.2.3.

2.3. Peluang (Opportunity)

2.3.1. Terpeliharanya budaya dalam lingkup masyarakat

2.3.2.menciptakan masyarakat yang cinta akan nilai –nilai luhur budaya

2.3.3. Membuka pemahaman akan pentinya perah serta tokoh masyarakat dan berkemungkinan memunculkan tokoh –tokoh masyarakat baru.

2.4. Tantangan (threat)

2.4.1. Bayaknya budaya asing yang masuk dengan mudah

2.4.2. Gencarnya penyebaran budaya asing yang luas (internet dan media cetak)

2.4.3.  Adanya pemberontakan/ketidaksamaan faham akan nilai budaya antara kaum tua dan muda yang menganggap lebih modern.

2.4.4.  Dibutuhkan banyak dana dan waktu dalam pelaksanaan pagelaran atau pertunjukan

BAB III KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

 

3.1.  Kesimpulan

 

3.1.1.  Sangat penting di perlukannya peran serta tokoh masyarakat dalam pelestarian budaya

3.1.2.   Tokoh masyarakat ialaha orang yang menjadi panutan karena kecerdasana ataupun juga keijaksanaaanya.

3.1.3.   Dibutuhkan banyak dana dan waktu dalam pelaksanaan pagelaran atau pertunjukan

3.1.4.   Akses perkembangan teknologi yang pesat (cetak & elektronik) membantu tokoh masyarat dalam upaya pelestarian akan sebuah budaya.

 

 

 

3.2.  Rekomendasi

Peran serta tokoh masyarakat dama pelestarian budaya memang amatlah komplek dan signifikan, karena bertujuan mempengaruhi tiap – tiap individu dalam masyarakat untuk pula ikut berperan serta dalam pelestarian budaya tersebut, karena seperti kata indah “Lidi sebuah mudah patah, akan tetapi 100 lidi akan sekuat baja”. Masyarakat haruslah ikut berpartisipasi bersama para tokoh untuk melestarikan atau mengkampanyekan agar nilai-nilai budaya tetap ada di dalam masyarakat itu sendiri.

 

 

 

 

 

 

Referensi

 

From Internet http://blog.tp.ac.id/peran-media-dalam-membangun-masyarakat-multikultur January 14, 2013

http://ebookbrowse.com/teori-tentang-peran-tokoh-masyarakat-dalam-pembangunan-pdf-d367192116 January 14, 2013

http://www.anneahira.com/tokoh-masyarakat.htm January 14, 2013


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s