Filosofi kata penyemangat (yel”) pada suatu perusahaan.


Disebuah perusahaan terutama perusahaan jepang sering kali kita menemukan sebuah yel-yel atau kata-kata penyemangat , yel-yel atau kata-kata peneymangat ini seringkali dianggap oleh kebanyakan karyawan adalah suatu yang menggelikan, bahkan seringkali menganggap dijadikan “Like a Badut” , terutama ketika ingin mempresentasikan sesuatu dan mereka haruslah bersorak terlebih dahulu yel-yell tersebut. Tapi taukah anda ada kisah menarik dibalik kenapa mereka harus melakukan yel-yel atau kata-kata penyemangat itu ?

Ada sebuah cerita mengenai suatu kelompok indian dimana di dekat pemukiman mereka terdapat sebuah pohon yang sangat besar dan kuat sampai-sampai tidak ada 1 tukang tebang di suku indian ini, yang mampu untuk menebangnya. sampai suatu saat kepala suku dari suku indian ini memerintahkan semua orang yang melewati pohon tersebut haruslah meneriaki-nya dengan keras dan mengatakan kata-kata jelek dan tak senonoh pada pohon tersebut, setelah beberapa saat, pohon tersebut menjadi layu dan roboh dengan sendirinya.

Kemudian 1 lagi cerita.

Terdapat suatu penelitian di jepang akan 2 buah air dari tempat yang sama kemuadian air tersebut dimasukan kedalam gelas A dan B. Gelas A diberikan suatu tulisan yang mengungkapkan kebaikan (Good) dan gelas B diberikan suatu tulisan yang mengungkapkan keburukan (bad). Kemudian kedua air tersebut dimasukan ke dalam frezer dengan suhu tertentu sehingga membeku dan membentuk kristal-kristal air. Hasilnya air A membentuk kristal yang baik akan tetapi sebaliknya air B membentuk kristal yang tidak beraturan bentuknya.

Dari 2 cerita diatas didapat dapat disimpulkan bahwa kata-kata itu mempunyai dampak yang sangat banyak akan keadaan suatu dalam hal ini pohon dan air, tahukah anda 70% tubuh manusia adalah cairan.

Sekarang —– »

Apa yang akan terjadi pada kita dalam suatu team di perusahaan saling menyerukan kata-kata baik (penyemangat) ?

Mungkin hal inilah yang dapat menjawap apa dan kenapa ?? “kata penyemangat” sering diberlakukan di banyak perusahaan jepang.

 

 

Posted from WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s