KONSEP TEKNOLOGI


Dikarenakan besok adalah waktunya UTS (ujian tengan semester) konsep teknologi, makanya aku coba buat postingan tentang konsep teknologi , yang sebagian besarnya diambil dari kertas foto kopian dari Pak Eka (dosen konsep teknologi sekaligus wali kelas).

Konsep teknologi.

Berikut beberapa definisi dari Teknologi menurut para ahli dan juga definisi teknik  menurut para ahli.

Apa itu Teknologi ?, Pengertian Teknologi sebenarnya berasal dari kata Bahasa Perancis yaitu “La Teknique“ yang dapat diartikan dengan ”Semua proses yang dilaksanakan dalam upaya untuk mewujudkan sesuatu secara rasional”. Dalam hal ini yang dimaksudkan dengan sesuatu tersebut dapat saja berupa benda atau konsep.

1. WIKIPEDIA ,

Indonesia,

Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Penggunaan teknologi oleh manusia diawali dengan pengubahan sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana

English,

Technology is the making, modification, usage, and knowledge of toolsmachines, techniques, craftssystems, methods of organization, in order to solve a problem, improve a preexisting solution to a problem, achieve a goal, handle an applied input/output relation or perform a specific function. It can also refer to the collection of such tools, machinery, modifications, arrangements and procedures.

2. Jacques ellul ,

teknologi dan teknik memiliki arti yang sama , yakni sutu usaha metode dan cara untuk meraih suatu hasil yang sudah di standarkan dan di perhitungkan sebelumnya, serta memiliki effisiensi. ruang lingkup teknik menurut Jacques ellu adalah :

a. teknik bidang ekonomi

b. Teknik bidang oraganisasi

c. Teknik bidang mausiawi

3. Teknologi adalah cabang ilmu pengetahuan yang berkenaan dengan industri bangunan, mesin- mesin dan sebagainya ( Salim, 1985 : 2015).

4. Rogers (dalam Seels, Richey, 1994 : 12) Teknologi adalah suatu rancangan langkah instrumental untuk memperkecil keraguan mengenai hubungan sebab akibat dalam mencapai hasil yang diharapkan.

5. Miarso (2007 : 62) teknologi adalah proses yang meningkatkan nilai tambah, proses tersebut menggunakan atau menghasilkan suatu produk , produk yang dihasilkan tidak terpisah dari produk lain yang telah ada, dan karena itu menjadi bagian integral dari suatu sistem.

Sedangkan definisi teknik ialah :

1. Wikipedia

Teknik atau rekayasa adalah penerapan ilmu dan teknologi untuk menyelesaikan permasalahan manusia. Hal ini diselesaikan lewatpengetahuanmatematika dan pengalaman praktis yang diterapkan untuk mendesain objek atau proses yang berguna. Para praktisi teknik profesional disebut insinyur (sarjana teknik).

2. Depdiknas (2001:1158)

menyatakan bahwa teknik adalah:

(1) pengetahuan dan kepandaian membuat sesuatu yang berkenaan dengan hasil industri;

(2) cara membuat atau melakukan sesuatu yang berhubungan dengan seni;

(3) metode atau teknik mengerjakan sesuatu.

PERCEPATAN TEKNOLOGI

1.  berbagai alat potong penninggalan manusia purba seperti pisau kapak, ujung tombak ,dll. dari peningggalan yang ada ternyata bahwa selama 1 juta tahun sebelum masehi  lebih lamnat dibandingkan dengan 8 ribu tahun sesudahnya.

effisiensi alat potong diukur dari 5 kriteria :

1. ketajaman sisi potong                                                                                                                 2. daya tahan                                                                                                                                  3. differensiasi dan specialisasi                                                                                                           4. keefektifan                                                                                                                                    5.penggunaaan tenaga pembantu

  1. Percepatan penguasaan alam oleh manusia

Masa kebudayaan manusia prasejarah terbagi menurut benda dan teknik yang digunakan dalam membuat alat-alatnya.

Jaman batu tua ditandai dengan peralatan dari batu yang diruncingkan secara primitip (chipping).  masih menggunakan tenaga manusia (berburu)

Jaman batu, baru merupakan jaman peralatan dari batu yang diruncingkan dengan cara menggerindra.

Jaman Magdalenia : diketemukan alat pelempar tembaga Jaman tembaga, kuningan, dan besi menunjukan bahan yang dipakai untuk membuat alat, dan diketemukan jenis tenaga yang digunakan sebagai penggerak(pengganti otot manuasia) Penjinakan hewan dan perbudakan manusia merupakan perkembangan lebih lanjut dari masa tenaga otot

Orang romawi kuno menggerakan roda gigi dengan memakai kuda, tenaga budak, dan mungkin juga tenaga air.

Sedangkan bangsa Anglo Saxons sebelum tahun 500 Masehi melakukan penggilingan biji-biji hasil pertaniannya dengan tenaga keledai.

Jaman mesopotania (3300 SM) diketemukan gerobak 4 roda  yang ditarik oleh lembu. dimesir pertama kali ditemukan alat bajak yang ditarik binatang.

Bangsa Anglo saxons -+ 500 masehi digunakan keledai untuk menggiling biji-bijian, kemudian  di eropa menggunkan kincir angin pada abad ke 8.

James watt (1765) menemukan mesin uap.

       A.Percepatan pada pertambahan umur manusia

Empat ribu tahun yang lalu di Yunani, ketika alat-alat besi menggantikan kedudukan alat-alat kuningan, panjang umur rata-rata setiap bayi yang lahir adalah 18 tahun. 2000 tahun kemudian di Romawi rata-ratanya 22 tahun, suatu pertambahan sekitar 0.02 tahun per 10 tahun.

Kroeber mengatakan bahwa ilmu pengetahuan berkembang secara alamiah. Tetapi bila ilmu pengetahuan berkembang maka berarti pertambahan percepatan akan terjadi pada setiap bidang ilmiah. Tidak hanya pada teknologi saja tetapi juga pada semua bidang kerja manusia dalam mencapai tujuannya.

3. Percepatan kecepatan manusia

a. Thn 1750 cara tercepat ialah naik kuda

b. thn 1829 – 1909 tenaga lokomotif mulai digunakan (mesin uap)

c, 1920 mobil menyusul kecepatan kereta api,

kecepatan mobil dan pesawat terbang dala kurun waktu 40 thn, 9 kali lebih maju dari lokomotof selama 80 thn

4. Percepatan kemampuan manusia untuk membunu dan merusak

  Ukuran kuantitatip yang paling cocok untuk kemampuan merusak dapat dilihat sejak masa pra sejarah. Disini akan digunakan istilah ‘record breaking range of projectiles’, yaitu jarak tempuh terjauh dari alat perusak, yang dapat merusak kehidupan, dari tempat peluncuran kesasaran.

Ilustrasi pada tabel berikut :

Percepatan perkembangan pada alat bidik

            Disamping jarak kemampuan dari peluncur peluru untuk merusak, masih ada segi lainnya. Efektivitas dari peluncuran tersebut dapat diukur dengan faktor-faktor berikut :

  • Jarak tempuh dan luas daerah pemusnahannya
  • Ketelitian untuk mengenai sasaran
  • Banyaknya (dalam berat) peluru yang dapat dibawa dan ditembakkan pada suatu sasaran dalam waktu tertentu
  • Daya pemusnahan per ton peluru
  • Kecepatan dan faktor lain untuk mengatasi intersepsi.

 

Besarnya tonase yang dapat diluncurkan

            Dari 5 dimensi peluncuran yang merusak, kita telah membicarakan 2 hal yaitu : jarak dan bias daerah pemusnahannya serta ketelitian untuk mencapai sasaran. Dimensi ketiga adalah tentang banyaknya ton peluru yang dapat diarahkan pada sasaran.

Perkembangan dari daya bunuh peledak

            Dimensi keempat dari perusakan adalah daya pemusnahan dari setiap ton peledak. Sudah tentu maksudnya untuk membunuh dan menghancurkan. Jauh sebelum dunia ketentaraan mengenal TNT, ahli-ahli kimia telah mengembangkan jenis peledak seperti air raksa fulminate (tahun 1800), kapas letus (tahun 1838), dan gelatin letus (tahun 1875). Bahan-bahan ini mengungguli bahan-bahan peledak yang pernah dibuat sebelumnya.

Perang radiologi, kimia, dan bakteri

            Yang masih dekat dengan kemajuan pada bom atom dan hidrogen adalah pengembangan debu radioaktif, yang telah memperlihatkan kemampuan lebih dari bomnya sendiri. Bahkan bom Cobalt Hipotesis merupakan sejenis radioaktif yang mampu memusnahkan segenap kehidupan di dunia ini.

Kemampuan atas Intersepsi

            Empat faktor pertama sebagai ukuran kemampuan merusak dari benda-benda yang diledakkan, yaitu jarak, ketelitian mencapai sasaran, tonase dan daya ledak, menunjukan kecenderungan yang terus menaik. Faktor kelima adalah kemampuan untuk mengatasi intersepsi.

Akibat peperangan

Pada perang dunia I, pesawat Zeppelin menjatuhkan benda-benda ledak di London, dan pesawat-pesawat Sekutu menjatuhkan bom-bom di kota-kota negara Jerman. Akibatnya, setiap 3 dan 100.000 penduduk di kedua negara itu meninggal. Pada perang dunia II, bom-bom V mengakibatkan banyak kematian di kota-kota negara Inggris, dan pembom Sekutu menghancurkan kota-kota Jerman dengan bom TNT dan bom api. Akibatnya 300 dari setiap 100.000 penduduk meninggal.

5. Mengapa terjadi percepatan perkembangan kebudayaan?

Penemuan merupaka kombinasi bar element0 element lama. hal itu tergantung pada 5 faktor :

a.JUmlah element kebdayaab yang ada (dari mana kombinasi penemuan dapat baru

b. kecepatan dan kelengkapan penemuan baru

c, besarnya kemauan dimana setiap element dapat berperan

d. Derajat dari peranan metoda ilmiah dapat diterapkan pada persoalan perubahan budaya.

5. besarnya keinginana atau kebutuhan untuk memencahkan sisia dimnakan,

Element yang dapat dikombinasikan semakin banyak dan menjadkan penemuan baru, yang selalu bertambah ,

tujuan penemuan ialah  menemukan kecepayan alternatif pada sosial secara umum di berbagai bidang.

Oke sampai sini dulu pembahasan Untuk konsept teknologi . nantikan kelanjutan-nya pada “Konsep teknologi 2”

Thanks, your voice is your concern.O_o

One thought on “KONSEP TEKNOLOGI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s